Terus Belajar

Minggu, 4 Februari 2024

20.49 WIB, Yogyakarta


Judul tersebut adalah salah satu hal penting dari sekian banyak yang aku dapatkan setelah perjalanan dua pekan lalu. Mungkin kamu berpikir, harusnya nggak perlu pergi-pergi juga "terus belajar" adalah slogan yang mesti kita terapkan, kan? Tapi sayangnya itu nggak berlaku buatku. 

Sebenarnya, awalnya dari delapan orang yang duduk menanti jamuan makan malam di hari ulang tahunku yang ke-30 kemarin. Salah seorang perempuan yang baru saja bergabung dengan tim kami berkata, "Saya berdoa semoga mbak Arin terus bersemangat untuk belajar, seperti semangatnya yang sudah-sudah--" kira-kira begitu. Sebelumnya, seorang perempuan lain juga berkata, "Aku tuh salut sama kamu mbak, kok kamu bisa sih kan kerjaan udah ada, tapi kuliahnya walaupun enggak menunjang pekerjaan, tetap kamu lakukan dengan serius." Dan kalimat-kalimat lain yang sebenarnya kurasa itu adalah sebuah pujian. Namun, berkali-kali mendengar pun aku mengabaikannya. Lalu kudengar lagi pujian itu di jamuan makan malam, kali ini berupa doa. 

Belum cukup dengan hal-hal tersebut, terbanglah aku ke negara seberang. Menyaksikan seorang kawan yang perubahannya membuatku berpikir ratusan kali. Harusnya aku.. Harusnya aku.. Aku kan lebih dulu mulai.. Aku kok enggak sebaik itu ya.. Beberapa malam yang melelahkan karena dialog diriku dengan isi kepalaku sendiri. Gara-gara itu, suaranya makin nyaring. Tangisku makin keras. Aku sudah buang-buang waktu, setelah kutengok lagi ke belakang, aku baru menyadari banyak hal yang aku urus, namun sejatinya bukan untukku. Aku mencintai pekerjaanku, tapi aku tidak belajar di dalamnya. Aku mencintai apa yang aku pelajari, tapi aku gagal mengaktualisasikannya. Aku bekerja dengan banyak orang, namun ternyata aku hanya memenuhi kebutuhan mereka, bukan kebutuhanku. Aku telah mencoret banyak target, sekali lagi, bukan untukku.  

Sendirian dan kedinginan di Changi, membuatku semakin tidak bisa tidur. Lalu dalam penerbangan SIN ke YIA, aku memutuskan untuk membuat perbaikan-perbaikan yang benar-benar aku butuhkan tahun ini. 



Arina Damayanti

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

No comments:

Post a Comment